Blog Otomotif –
Ada banyak cara untuk menentukan merek mobil apa saja yang diminati dan kurang diminati di mata para pengguna kendaraan roda empat. Salah satunya adalah yang dilakukan
oleh Majalah
Consumer Report National Research Center yang melakukan sebuah survey khusus
mengenai persepsi orang terhadap sebuah merek mobil.
Survey yang diberi nama Car-Brand Perception Survey ini bukanlah yang pertama dilakukan
oleh majalah yang bermarkas di Amerika tersebut. Setiap tahun mereka selalu
melakukan kegiatan yang serupa dan merilisnya ke publik agar masyarakat tahu
jenis atau merek mobil apa saja yang pantas untuk dijadikan sebagai pilihan
utama kemudian di sisi lain juga secara tidak langsung akan memaksa para
produsen kendaraan roda empat untuk semakin meningkatkan kualitas produk yang
mereka lempar ke pasaran.
Dalam pelaksanaan survey yang dilakukan
oleh Consumer
Report tersebut,
mereka menggelar aksi jajak pendapat yang dilakukan secara acak dari 2.034
orang dewasa, yang dimulai dalam pada kurun 6-16 Desember 2012. Dari data
survei yang dikumpulkan, sebanyak 1.764 orang dewasa, setidaknya memiliki satu
mobil dalam satu rumah.
Kemudian untuk mengetahui mana merek
mobil yang dianggap terbaik dan terburuk maka semua pertanyaan yang diajukan
kepada peserta survey dikategorikan dalam tujuh kategori yakni : kualitas,
keselamatan, nilai, performa, desain/gaya, teknologi/inovasi dan ramah
lingkungan. Setelah dibagi sesuai kriteria, tiap-tiap merek diberikan angka
penilaian. Kemudian angka-angka tersebut digabungkan untuk mendapat nilai total
yang diperoleh sebuah merek mobil.
Berdasarkan hasil survey yang dirilis oleh Consumer Report tahun ini
rupanya menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang terlalu dibanding hasil
survey di tahun sebelumnya. Dalam daftar enam besar, puncak podium masih
ditempati oleh Toyota, Ford dan Honda.
Toyota mendapat total angka sebesar 133 poin berselisih 15 poin dengan
Ford yang meraih 118 poin, sementara Honda mendapatkan 114 poin berselisih 4
poin dari Ford.
Chevrolet menyusul di belakang Honda dengan perolehan 94 poin, serta
Mercedes-Benz dengan 77 poin. Meski raihan poin Mercedez-Benz sama dengan
Volvo, yaitu 77 poin, produsen mobil asal Swedia itu akhirnya ditempatkan di
posisi keenam, lantaran kalah poin pada kategori keselamatan penumpang.
Dari survey ini ternyata juga ditemukan bahwa nilai dan performa masih
menjadi faktor penting bagi para pembeli kendaraan di samping kualitas dan
keamanan.
Berikut ini 20 Merek Mobil Paling Diminati Versi
Consumer Report :
1. Toyota (133
poin)
2. Ford (118 poin)
3. Honda (114
poin)
4. Chevrolet (94
poin)
5. Mercedes-Benz
(77 poin)
6. Volvo (77 poin)
7. Cadillac (66
poin)
8. BMW (66 poin)
9. Dodge (56 poin)
10. Tesla (55
poin)
11. Lexus (50
poin)
12. Subaru (50
poin)
13. Audi (47 poin)
14. GMC (45 poin)
15. Hyundai (43
poin)
16. Buick (42
poin)
17. Nissan (41
poin)
18. Smart (35
poin)
19. Lincoln (33
poin)
20. Chrysler (32
poin)
10 Merek Mobil yang
kurang diminati oleh Consumer Report :
10. Porsche: 21 poin
09. Mazda: 16 poin
08. Jeep: 16 poin
07. Jaguar: 15 poin
06. Land Rover: 11 poin
05. Mini: 10 poin
04. Fiat: 8 poin
03. Ram: 7 poin
02. Scion: 6 poin
01. Mitsubishi: 6 poin
Tidak ada komentar:
Posting Komentar